Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing yang berasal dari sejumlah negara selama wilayah asean merupakan pasar potensial yang bisa ditekuni lebih serius oleh para pelaku pariwisata dalam diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, jumlah wisatawan dari negara-negara asean terutama singapura, malaysia dan thailand terus mengalami peningkatan yang menggembirakan, tutur ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna dalam yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya kasus wisatawan asing daripada asean yang berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi oleh sejumlah aspek semisal jarak dan tak begitu jauh juga transportasi dan semakin tidak rumit.

upaya agar meningkatkan kunjungan wisatawan asing khususnya dari asean mau diselenggarakan dengan upaya promosi, salah satunya dan paling gampat ditempuh adalah jogja travel mart 2013 dan akan diadakan di 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin menyatakan, di model beriklan pariwisata tersebut, paling tidak hendak dikuti dengan 130 buyers daripada sejumlah negara seperti pelaku wisata pada malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia serta india.

selain dikuti pelaku wisata daripada luar negeri, aktifitas itu serta mau dihadiri oleh sekitar 55 buyers domestik dan juga baru adalah pasar potensial terhadap pelaku wisata dalam diy.

kami hendak mengajak para pelaku wisata itu mengunjungi sejumlah tempat objek wisata wisata yang banyak di yogyakarta juga sekitarnya agar lebih menjelaskan tujuan-tujuan wisata itu kepada wisatawan asing, ujarnya.

sejumlah lokasi wisata dan ingin didatangi di antaranya lava tour merapi membeli jeep, juga sederat wisata budaya dan telah adalah ikon yogyakarta semisal malioboro, keraton yogyakarta juga juga candi borobudur.

berdasarkan data daripada dinas pariwisata diy dalam kemarin, wisatawan dan berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta orang, serta 190.000 selama antaranya merupakan wisatawan asing. kasus wisatawan asing itu mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing dan paling ada berkunjung ke yogyakarta berasal daripada belanda, perancis, malaysia, singapura serta australia.

kami berharap, dengan jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan daripada negara-negara asean mampu selalu meningkat. terlebih, hendak ada wisata minat khusus dan menantang, semisal arung jeram pada sungai progo, panjat tebing di pantai siung, jelajah goa juga yang lain, kata kepala jenis pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.